Pengertian, Fungsi dan Manfaat CMS - DAMAR SABEKTI
WELCOME TO MY BLOG

JANGAN LUPA BACA YA :)

JANGAN LUPA BACA YA :)

*SOPO SING NANDUR BAKALE NGUNDUH*
_siapa yang menanam pasti akan memetik hasilnya_

satu- satunya ilmu yaitu ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.

Monday, April 16, 2018

Pengertian, Fungsi dan Manfaat CMS

Assalamualaikum Wr.Wb.

 Hay .. Kesempatan ini Saya akan memberikan informasi mengenai sebuah perangkat lunak berbasis web yaitu CMS.

A. Pengertian
   Content Management System (CMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, mengubah atau memanipulasi isi dari suatu situs web.

B. Latar Belakang
   Di zaman yang semakin maju ini, pengguna lebih menyukai hal-hal instan dan cepat untuk membuat sesuatu dan juga dengan menggunakan biaya yang murah. Dan karena hal itulah CMS dibuat dan mulai populer di kalangan pegiat aplikasi berbasis Web.

C. Maksud dan Tujuan
   Supaya lebih paham mengenai pengertian, fungsi dan manfaat penggunaan CMS saat membuat aplikasi berbasis web.

D. Pembahasan
   CMS atau Content Management System adalah sebuah aplikasi web atau software web yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam pengelolaan sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis atau pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
   CMS memungkinkan pengguna untuk bisa atau dapat mengubah tampilan situs seperti warna, huruf, gambar, dan lainnya tanpa harus mengubah isi baik konten, berita, teks yang ada didalamnya.
   Keberadaan aplikasi gratisan yang tersebar di Internet dan juga komunitas sumber terbuka yang ikut mengembangkan teknologi CMS menjadikan CMS lebih murah dari segi harga namun dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan canggih. Hal inilah yang akhirnya ikut mempopulerkan CMS dan akhirnya mampu menggantikan semua website konvensional yang ada.
Dibalik itu, terdapat manfaat penggunaan CMS yakni.
  •   Manajemen data: Semua data / informasi baik yang sudah atau belum ditampilkan dapat diolah dan disimpan dengan baik. 
  •   Mengatur siklus hidup server: Mengelola bagian atau isi mana saja yang akan ditampilkan dalam masa / waktu penampilan dan lokasi penampilan di server.
  •   Mendukung tema atau template web dan standarisasi: Setiap halaman server yg dihasilkan berasal dari template yang terlebih dahulu disediakan oleh CMS.
  •   Personalisasi server: Dapat atau mampu menampilkan isi sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya.
  •   Sindikasi: Memberikan kemungkinan kepada server untuk membagi isinya pada server-server lain.
  •   Akuntabilitas: mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepada para penggunanya, data/ informasi yg disampaikan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik.
   Perangkat lunak berbasis CMS, yakni Blogger, Drupal, Joomla, Wordpress, Plone, VBulletin, Moodle, MediaWiki, Osclass, Opencart.
   CMS dapat diterapkan pada hal-hal seperti.
1. Situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas
2. Portal
3. Galeri foto
4. Aplikasi E-Commerce
5. Mengelola website pribadi/ blog
6. Situs web pembelajaran dalam jaringan atau e-learning

E. Kesimpulan
  CMS membantu pengguna dalam membuat, mengelola, mengedit, menambahkan, dan memanipulasi isi dari suatu situs web secara cepat dan mudah tanpa perlu dibekali pengetahuan tentang bahasa pemrograman dan hal teknis lainnya.

F. Referensi
  - https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten

Demikian yang dapat saya sampaikan

Wassalamualaikum Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment

Pages